Setelah
mengulas prospek industri sprei di
Indonesia. Postingan kali ini bisa akan memaparkan kondisi Indoustri Sprei di
Indonesai saat ini. Pada tulisan sekarang, kami ingin meng-highlight poin-poin
penting dari artikel-artikel sprei yang pernah ada.
Analisis Pasar Industri Sprei
Indonesia
Kebutuhan akan produk spreidan bed cover serta
kelengkapan tidur lainnya bisa dibilang akan selalu besar. Karena toh semua
orang butuh tidur berkualitas. Dan sprei mampu membantu memberikannya. Saat ini
dunia ada kurang lebih 7 milyar manusia. Di Indonesia sendiri lebih dari 200
juta. Dalam hitungan yang sangat kasar, kita bisa asumsikan bahwa seluruh 200
juta orang itu butuh sprei. Sebuah perhitungan yang memang terlalu “pukul
rata”. Tapi kalau kita asumsikan saja hanya 10% dari 200 juta orang tersebut
yang butuh (dan lebih penting lagi, mampu dan mau membeli) sprei. Itu tetap
merupakan jumlah yang sangat besar: 20.000.000 orang di Indonesia membutuhkan
sprei.
Tentunya kita tidak
bisa memukul rata tingkat kebutuhan, kemauan dan kemampuan 20 juta orang
tersebut. Maka kita perlu melakukan segmentasi pasar untuk memudahkan
kita memposisikan diri. Segmentasi atas pasar sprei itu bisa dibagi menjadi 3
bagian: High-end, Mid-end, Low-end.
Pemain-pemain dalam industri
sprei Indonesia
Ada banyak pihak yang
menjadi produsen dalam industri sprei di Indonesia. Kita bisa membagi
produsen-produsen tersebut dalam 3 kategori besar: Import, Manufaktur, Home
Industry.
- Sprei Impor adalah sprei
impor bermerek yang didatangkan dari luar negeri.
- Manufaktur (Sprei Pabrik).
Produsen yang memproduksi sprei bermerek secara massal dalam skala pabrik.
Misalnya sprei my love, sprei kintakun, sprei
kendra, sprei chelsea, sprei
lady rose, sprei saputra maupun sprei california.
- Home Industry.
Mereka yang menjual sprei produksi mereka sendiri, dengan kualitas bahan
yang beraneka ragam, seperti bahan sprei star.
Tidak ada satu yang
selalu lebih baik diantara ketiga kategori tersebut. Ketiganya punya kelebihan
dan kekurangannya masing-masing.
Prospek masa depan industri
sprei Indonesia
Prospek industri sprei
di Indonesia sejatinya sangat-sangat cerah. Ada banyak sekali peluang yang bisa
daimbail dan digarap kedepannya. Peluang menjualnya secara online merupakan
salah satu contoh. Permintaannya sangat besar dan pemainnya masih sedikit. Dan
kedepannya akan semakin banyak orang Indonesia yang daya belinya meningkat.
Lebih jauh lagi kita juga bisa memikirkan peluang untuk mengekspor
produk-produk sprei dalam negeri. Masih banyak lagi peluang-peluang yang bisa
diambil.
Dengan kita mengerti
kondisi pasar sprei di Indonesia saat ini, Azkamart berharap bisa ikut
memajukan industri sprei di Indonesia dan juga industri pada
umumnya. Karena kami percaya, dengan industri yang semakin maju. Maka akan
semakin maju pula kekuatan ekonomi bangsa kita tercinta ini.
0 komentar:
Post a Comment