Cara Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino - Kumpulan Informasi Unik dan Menarik Cara Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino - Kumpulan Informasi Unik dan Menarik
­
  • Latest News

    Cara Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino



    bermula ketika saya ingin mempelajari tentang mikrokontroller pada tahun 2011,ketika itu senior-senior saya di himpunan mahasiswa jurusan komputer(Himasikom) di kampus saya di STMIK Raharja Tangerang,mereka mengenalkan tentang mikrokontroller ATmega8535 dari keluarga atmel waktu itu mereka menjelaskan tentang bagaimana menyalakan sebuah led dan menghitung alamat biner dari masing-masing led yang ingin di nyalakan,dan alhasil saya pusing hehe.... dan pada saat itu saya berfikir agak pesimis dalam belajar mikrokontroller jangankan membuat robot membaca sensor pun sangat sulit untuk di pelajari.

    dengan rasa penasaran saya tetap belajar tentang mikrokontroller meskipun rasa penasaran saya belum begitu tinggi,dan beberapa bahasa pemrograman pun saya coba pelajari mulai dari bahasa C,Assembler dan Basic dan software-softwarenya seperti AVRProg,vitrual serial,ISIS Schematic Proteus dan Basic Compiler,walaupun saya sudah mempelajari semua saya belum dapet feel dari semua itu, dan pada tahun 2014 pertengahan saya bertemu dengan senior saya yang mengerti tentang arduino, dia langsung menjelaskan bagaimana konsep arduino bekerja, dengan code yang sangat simpel dia mendemonstrasikan bagaimana caranya menyalakan led.

    sejak saat itu saya merasa memiliki feel dengan mikrokontroller,dan sejak saat itu saya terus mengembangkan kemampuan saya di bidang mikrokontroller mulai dari membaca sensor,menggerakan motor dc & servo,melakukan konfigurasi motor driver baik L293D dan L298N dan hingga akhirnya saya membuat robot saya sendiri dengan menggunakan arduino uno.


    ini adalah project robot pertama saya dengan menggunakan mikrokontroller arduino uno,motor driver l293d,breadboard,kabel jumper,chasis magician,baterai ultrafire,baterai 9 volt dan menggunakan 2 motor dc gearbox, saya tidak mengharuskan siapapun untuk memakai arduino namun alangkah baiknya bagi para pemula yang ingin belajar tapi masih bingung harus mulai dari mana, cobalah belajar dari arduino, dan arduino sendiri adalah board mikrokontroller yang open source jadi sumber code nya sudah banyak di internet,banyak situs-situs tutorial tentang arduino seperti : instructables.com,hackaday.com dan tentunya situs resmi arduino yakni arduino.cc.

    tag: Cara Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino Rating: 5 Reviewed By: Nanang Riyadi
    Scroll to Top