Pengertian Customer Relationship Management (CRM)
Menurut Laudon dan Traver : 2002
CRM menyimpan informasi pelanggan dan
menyimpan serta merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan
perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang
memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.
Menurut Kotler : 2003
CRM mendukung suatu perusahaan untuk
menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dan menjalin hubungan
dengan tiap pelanggan melalui penggunaan informasi tentang pelanggan.
Menurut Haryati, S : 2003
CRM didefinisikan sebagai suatu
rangkaian aktivitas sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin
memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang
menguntungkan (Most Profitable Customer) demi mencapai pertumbuhan perusahaan
yang sehat.
Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer
Relationship Management “CRM”) merupakan jenis manajemen yang secara khusus
membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan
pelanggannya, yang mana tujuannya untuk meningkatkan hubungan dengan tiap
pelanggan demi mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.
Komponen CRM
Tahapan CRM
Acquire
Mendapatkan pelanggan baru ( Acquire ),
Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan kemudahan pengaksesan informasi,
inovasi baru, dan pelayanan yang menarik.
Enhance
Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang
telah ada ( Enhance ), Perusahaan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan
melalui pemberian pelayanan yang baik terhadap pelanggannya ( Customer Service
).
Penerapan cross selling (menjual produk
lainnya) atau up selling (meningkatkan penjualan)
pada tahap ini dapat meningkatkan pendapatan
perusahaan dan mengurangi biaya untuk memperoleh pelanggan ( Reduce Cost ).
Contoh Cross Selling
ketika membeli sebuah laptop, biasanya penjual
akan menawarkan produk pendukungnya seperti mouse, cooling pad, dll
Contoh Up Selling
ketika ingin membeli laptop dengan spesifikasi
atau tip tertentu , biasanya sebelum kita membeli akan ditawarkan laptop tipe
lain atau dengan spesifikasi lainnya yang lebih baik, biasanya juga disertai
dengan promo.
Retain
Mempertahankan pelanggan (Retain), merupakan
usaha mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mendengarkan pelanggan dan
berusaha memenuhi keinginan pelanggan.
Aspek CRM
Tujuan dari Implementasi CRM
1.
Bisnis proses yang terintegrasi dan konsolidasi data.
2.
Perusahaan mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang
pelanggan dan kebutuhannya.
3.
Dikombinasikan dengan penggudangan data, bank data dan meja
bantu atau pusat panggilan (call center).
4.
CRM membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisa
informasi tentang sejarah pelanggan.
5.
Perusahaan dapat memprediksi apa yang pelanggan akan beli di
masa datang.
Pengertian Pelanggan
Menurut Anoraga
Pelanggan adalah pembeli yang merupakan
pembeli akhir atau juga bisa merupakan pembeli yang bertindak sebagai agen,
terlepas dari itu pelanggan akan memberikan pendapatannya untuk memperoleh
barang atau jasa.
Menurut Turban
Pelanggan merupakanembeli (individual) yang
akan menggunakan barang dan jasa, atau pembeli (organisasional) yang membeli
untuk mengubah dan menambah nilai atas barang.
Yang diinginkan pelanggan
Pelanggan menginginkan nilai maksimum, dengan
dibatasi oleh biaya pencarian serta keterbatasan pengetahuan, mobilitas, dan
penghasilan.
Mereka akan membeli dari perusahaan yang
meyakini menawarkan nilai yang tertinggi bagi pelanggan.
Perilaku Pelanggan
Perilaku pelanggan (keputusan untuk membeli)
dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Karakteristik Personal
Berhubungan dengan usia, jenis kelamin, suku
dan etnis, gaya hidup, latar belakang pendidikan, pengetahuan, kepribadian,
faktor psikologis.
Karakteristik Lingkungan
Rangsangan
§
Rangsangan pemasaran (harga, promosi, produk, dan kualitas)
§
Rangsangan eksternal (politik, ekonomi, budaya dan teknologi)
Sistem yang dimiliki oleh penjual
§
Dukungan Logistik (pembayaran dan jasa antar)
§
Dukungan Teknis(web design, intelligent agents piranti lunak
yang berperan sebagai asisten bagi pelanggan)
§
Layanan pelanggan (FAQ, e-mail, call center, one to one
marketing)
Terdiri dari 5 tahapan menurut Turban
§
Pengenalan Kebutuhan
§
Pencarian Informasi
§
Evaluasi Alternatif
§
Pembelian dan Pengantaran
§
Evaluasi pasca pembelian
Kemampuan Utama CRM
Cross Selling dan Up Selling
§
Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk/jasa komplemen
§
Menawarkan produk atau jasa yang mempunyai kualitas lebih baik
dari produk/jasa yang dimiliki pelanggan saat itu
Direct Marketing and Fulfillment
§
Pemasaran langsung dan pemenuhan permintaan menjual dengan baik
dan mengirimkan pesanan secara cepat
§
Campaign Management
Customer and Support
Aplikasi pendukung bagi staff dan pelanggan,
sehingga dapat menyelesaikan permintaan layanan serta mendapatkan informasi
detil yang dibutuhkan mengenai pelanggan. Tujuannya agar dapat menyelesaikan
permasalahan pelanggan dengan efektif dan efisien.
Field Service Operations
Operasi layanan lapangan, jika permasalahan
tidak dapat diselesaikan secara online dan membutuhkan personil untuk secara
fisik kepada pelanggan.
Retention Management
Menggunakan sumber daya perusahaan yang
terbatas untuk pelanggan yang menguntungkan dengan cara segmentasi pelanggan
berdasarkan tipe layanan yang didaftarkan dan juga historis transaksi.
Pelanggan yang tidak menguntungkan akan dipisahkan supaya tidak menghabiskan
sumber daya perusahaan.
0 komentar:
Post a Comment